Uji Penyelidikan Tanah

Pengujian Sondir

Uji penyelidikan tanah bertujuan untuk mengetahui karakteristik maupun daya dukung tanah beserta kondisi geologinya. Dalam pembangunan pondasi untuk suatu bangunan, sudah tentu kepadatan serta daya dukung serta sifat korosifitas tanah harus dapat dipastikan kualitasnya.

Tanah pondasi biasanya merupakan bahan yang susunannya amat rumit dan beraneka ragam. walaupun sifat fisik dan mekaniknya dapat diketahui dengan uji penyelidikan tanah. Namun umumnya hasil dari pengujian yang dilakukan tidak sesuai  dengan kenyataannya. Tidak seperti beton atau baja yang hasil penyelidikan dan pengujiannya lebih akurat dan dapat dipercaya. Pada bermacam – macam cara perhitungan yang diterapkan untuk analisa sifat dinamik dari tanah, seringkali dilakukan asumsi – asumsi yang berani dan sederhana. Seringkali kesimpulan yang diambil menjadi keliru bilamana perencanaan pondasi itu hanya berdasarkan hasil yang didapat dari Uji Penyelidikan Tanah (Soil Test) yakni dengan langsung menggunakan rumus daya dukung atau persamaan penurunan. Data pengeboran lapisan geologi atau hasil pengujian tanah adalah harga pada suatu titik, sehingga dapat diambil kesimpulan apakah nilai-nilai itu mencerminkan sifat – sifat keseluruhan tanah pondasi, harus diteliti berdasarkan latar belakang geologi mengenai pembentukan tanah pondasi itu.

Walaupun demikian, pelaksanaan pengeboran yang banyak dan pengujian dari sampel tanah pada setiap titik tidak selalu akan memberikan hasil yang baik. Pengambilan sampel harus dilakukan secara sistematis tahap demi tahap dari lingkup yang luas sampai ke lingkup yang mendetail akan lebih baik. 

Tahapan pelaksanaan Uji Penyelidikan Tanah diawali dengan survey pendahuluan untuk mengetahui penyebaran lapisan tanah yang buruk dan garis besar sifat mekanik tanah. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan mengenai daya dukung atau penurunan, yakni untuk memastikan hal – hal yang meragukan sehingga mendapat hasil penyelidikan atau pengujian untuk analisa dinamik bagi perencanaan.

Jenis Uji Penyelidikan Tanah, antara lain :

  1. Uji Boring
  2. Uji Sondir
  3. Uji Penetrasi Test

 

Sumber : Mekanika Tanah & Teknik Pondasi